Sunday, November 29, 2015

Cara Menjaga Kesehatan Rambut untuk Wanita Berhijab


Semua orang khususnya wanita pasti mendambakan rambut yang sehat dan indah. Untuk itu, perawatan yang tepat dan rutin diperlukan oleh setiap wanita, tak terkecuali wanita berhijab.
Meskipun tertutup oleh hijab, bukan berarti  kamu bisa mengabaikan kesehatan dan keindahan rambut ya, karena ternyata wanita berhijab lebih beresiko mengalami masalah rambut, seperti ketombe, rambut rontok dan masalah rambut lainnya. Oleh karena itu, kamu harus melakukan perawatan rambut yang tepat dan sesuai dengan kondisi rambut kamu. Berikut beberapa tips mudah untuk menjaga kesehatan rambut untuk wanita berhijab:
1. Keringkan rambut
Sebelum menggunakan hijab, pastikan rambut kamu sudah kering terlebih dahulu. Karena jika menggunakan hijab dalam keadaan rambut yang basah, kulit kepala kamu akan menjadi lembab. Dengan begitu, akan memicu munculnya jamur pada kulit kepala seperti ketombe, dan juga memicu perkembangan bakteri yang dapat membuat rambut kamu menjadi bau.
2. Jangan mengikat rambut terlalu kencang
Mengikat rambut terlalu kencang akan membuat rambut kamu menjadi rapuh dan mudah rontok. Selain itu, mengikat rambut dengan kencang juga akan membuat jaringan tisu di kepala menjadi tegang dan akhirnya akan menyebabkan sakit kepala.
3. Pilih bahan kain yang tepat
Bahan kain hijab yang kamu gunakan juga berpengaruh bagi kesehatan rambut kamu. Agar kulit kepala tidak lembab karena keringat, sebaiknya pilih hijab yang terbuat dari bahan yang dingin dan mudah menyerap keringat seperti sutra, rayon, katun dan kaos. Bahan yang halus seperti sutra dan voile juga baik untuk menghindari terjadinya gesekan yang terlalu keras pada rambut. Gesekan yang terlalu keras dapat berakibat pada rambut yang kering, rapuh dan rontok.
4. Menyisir rambut sebelum dan sesudah menggunakan hijab
Rambut tertutup oleh hijab bukan berarti kamu bisa mengabaikan kerapiannya. Tetaplah jaga kerapian rambut dengan menyisirnya sebelum dan sesudah menggunakan jilbab. Hal ini juga dapat menghindarkan kamu dari masalah-masalah rambut seperti kusut dan kerontokan.
5. Istirahatkan rambut
Setelah membuka hijab terutama saat akan tidur, sebaiknya kamu juga melepaskan ikatan rambutmu. Biarkan rambut terurai agar memberi kesegaran dan mengurangi kelembaban pada kulit kepala. Hal ini juga dapat mengurangi resiko munculnya ketombe dan kerontokkan rambut.
6. Model hijab
Untuk model, sebaiknya pilih model hijab yang simple dan dapat memberi ruang bagi kulit kepala untuk bernapas. Model hijab yang terlapis-lapis akat membuat kulit kepala mudah berkeringat dan memicu munculnya munculnya ketombe.
7. Keramas secara teratur
Salah satu cara untuk mendapatkan rambut yang bersih dan sehat adalah dengan keramas secara rutin. Bagi kamu yang memiliki jenis rambut yang kering, jangan lupa gunakan conditioner setelah keramas dan juga vitamin rambut yang dapat membantu kamu dalam mengatasi rambut yang kering dan rapuh. Nah untuk jenis rambut berminyak, kamu juga harus rutin keramas untuk mengurangi minyak berlebih pada rambut kamu.

0 comments:

Post a Comment

 

Happines, Positive, Creative Template by Ipietoon Cute Blog Design